Menghidupkan Komputer Melalui Koneksi Jaringan LAN

Menyalakan Komputer Melalui Koneksi Jaringan LAN oleh segiempat
Saya masih menggunakan cara menyalakan komputer dengan remote ini. Tapi, jika Anda menyalakan komputer dengan melalui koneksi jaringan LAN, itu sudah lumayan.Cara ini biasa Kita lihat di film-film tentang peretas dunia maya. Dimana mereka bisa menyalakan dan mengontrol komputer target dari jarak jauh. Nah, pada artikel kali ini Saya membagikan trik untuk menghidupkan komputer melalui koneksi jaringan LAN. Trik ini tidak berfungsi untuk semua komputer, hanya beberapa komputer saja yang memiliki fitur seperti ini. Karena, fitur ini terdapat pada masing-masing BIOS yang telah dipasang pada motherboard.

Cara menghidupkan komputer dengan jaringan LAN ini dinamakan dengan Wake on LAN (WOL). Wake on LAN (WOL) ini merupakan teknologi yang terpasang pada port Ethernet motherboard yang memungkinkan komputer dihidupkan melalui pesan jaringan. Pengiriman pesan ini tentunya dari komputer lain kekomputer target dengan menggunakan sebuah program khusus, istilah lain dari teknik ini adalah Remote WOL.
Kenapa komputer yang sudah off masih bisa konek dengan komputer lain?
Ketika Anda mengaktifkan fitur Wak on LAN ini di motherboard Anda melalui BIOS. Secara otomatis komputer Anda akan tetap menerima paket-paket data dari komputer yang terkoneksi pada jaringan LAN tersebut. Sehingga, komputer yang terinstal program Remote WOL ini akan dengan mudah menghidupkan komputer Anda. Karena, Wake on LAN ini menggunakan MAC Address untuk mengirim pesan jaringan ini.
Bagaimana cara agar komputer Saya bisa diremote WOL?
  1. Motherboard Anda memiliki fitur Wake on LAN yang dengan mudah diaktifkan melalui BIOS
  2. Terhubung ke jaringan LAN
  3. Power supply komputer target tetap terhubung dengan arus listrik.
  4. Harus terinstal program Wake on LAN pada komputer yang akan digunakan untuk remote komputer target.
Cara kerja dari Wake on LAN ini sebagai berikut:
  1. Masuk terlebih dahulu pada sistem BIOS komputer Anda untuk mengaktifkan fitur Wake on LAN ini. (Untuk beberapa jenis motherboard fitur ini tidak tersedia)
  2. Catat dengan baik MAC Address dan IP Address komputer target Anda
  3. Aktifkan fitur Wake on LAN pada Windows Anda dengan cara :
  • Klik kanan My Computer > Manage
  • Pilih Device Manager > Network Adapter, lalu klik kanan Network Card > Properties
  • Klik tab Advance, pada Wake Up Capabiliies properties pilih valuenya, misalnya Magic Packet (jangan pilih None). Klik OK.
  1. Kemudian pada komputer yang akan meremote WOL, instal program Wake on LAN. Anda bisa menggunakan program Fusion Wake On LAN dan WOL Magic Packet Sender.
  2. Jalankan program tersebut kemudian isikan MAC Address dan IP Address komputer target dan klik Turn on PC atau

No comments:

Post a Comment